Tahun Baru Manusia Baru ?

image



Pontianak – Alhamdulillah, hari ini paling monumental seharusnya bagi setiap muslim. Tahun Baru Islam yang penuh akan makna didalamnya. Umat Islam khususnya Indonesia harus jadikan ini sebagai momentum selfie untuk berubah dan berhijrah.
Disadari atau tidak, setiap manusia selalu berproses dan berubah seiring berjalannya waktu. Namun tak banyak yang peduli sudah seberapa jauh progress perubahan itu, dan parahnya lagi tak banyak juga yang sadar arah dan tujuan perubahannya apakah kearah yang baik atau malah sebaliknya.  Gagal dalam merencanakan kehidupan sama dengan merencanakan kegagalan. Kita manusia hanya mampu berikhtiar dan tentu semua kembali pada Allah SWT yang memutuskan.

3 Ranah Perubahan


Ketika saya masih muda, dan bebas berimajinasi, saya bermimpi mengubah dunia. Seiring bertambahnya usia dan kebijaksanaan, saya mendapati dunia yang tak berubah, sayapun menyederhanakan keinginan saya dan memutuskan hanya ingin merubah negeri saya.

Akan tetapi, tampaknya tak ada yang berubah dengan negeri saya. Usia semakin senja, usaha terakhir saya adalah mengubah keluarga, orang – orang terdekat. Akan tetapi, lagi – lagi mereka teta sama, tak ada yang berubah.

Dan sekarang, saat saya terbaring sekarat diranjang kematian, tiba – tiba saya menyadari bahwa yang seharusnya pertama kali saya lakukan adalah mengubah diri sendiri. Kemudian dengan memberikan keteladanan, saya mengubah keluarga saya. Dorongan dan inspirasi mereka memungkinkan saya memperbaiki negeri dan siapa tahu, saya mungkin bisa mengubah dunia.
-Anonim-




Cerita diatas cukup memberikan gambaran 3 ranah perubahan dalam diri manusia purba. Dibalik kebesaran bangsa, negara dan keluarga terdapat individu – individu yang luar biasa. Mampukah kita selaku individu – individu itu berhijrah ? berhijrah ke arah yang lebih baik, menjadi manusia – manusia baru, karena hari kemarin adalah sejarah, hari ini adalah anugerah dan hari esok adalah misteri.

Selamat Tahun Baru Islam 1437 H, semoga Allah SWT melimpahkan rahmatNya pada kita semua. Aamiin

Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.
1 Muharram 1437 H
14 Maret 2015 M
07:36 WIB
Tahun Baru Manusia Baru ? Tahun Baru Manusia Baru ? Reviewed by katamahdi on October 13, 2015 Rating: 5

No comments:

Berkomentarlah dengan baik dan bijak

Powered by Blogger.