Alasan dibalik kuku panjang...

[caption id="attachment_87" align="aligncenter" width="300"]Kuku jari tangan kanan Kuku jari tangan kanan[/caption]

Pagi itu saya sedang berjalan dilorong kampus menuju kelas dimana biasanya saya menimba ilmu. Seketika saya tertarik dengan sesuatu yang sebenarnya sudah lama saya lihat. Ketertarikan saya ini timbul sejak saya “terdoktrin” ajaran bang Pepih Nugraha lewat bukunya tentang Citizen Journalism.

Baiklah, saya rasa anda juga mungkin pernah melakukan hal yang sama, terlepas dari alasan yang mendorong anda. Begitu juga dengan seorang teman saya yang memiliki kuku yang unik (Panjang, red), mengapa unik ? karena ia pria !. memang tak lazim rasanya seorang pria memelihara kuku. Namun saya tak ingin men-judge teman saya ini. Ya akhirnya nose for news dan rasa skeptis saya saya terpancing.

Apa alasannya ?, bukannya kuku panjang itu menggangu keseharian ?, bagaimana perawatannya ? apakah ada perawatan khusus ? dan banyak lagi pertanyaan yang bergelanyut di fikiran saya.

Ia mengaku sudah sejak kelas 1 SMA mulai memelihara kuku, dan ia mengakui memang kuku ini sedikit menghambat keseharian, contoh : ia tak lagi bisa makan menggunakan tangan.

“Mengapa kamu panjangkan ?” tanya saya. “ya gini ya, jujur, kalau kuku saya pendek, selalu saja kotor. Nah kalau kuku saya panjang, kan saya ada alasan untuk bersihkan terus tiap waktu” jawabnya singkat. “dan kalau kuku panjang enak buat garuk-garuk dan saya gak pede aja kalau pakai kuku pendek” timpalnya dengan tertawa...

“trus bagaimana cara nge-rawat kuku tu ? ”tanya saya penasaran. “ya cuma di kikir aja, trus dibersihkan dalamnya lalu di potong sedikit biar rapi” jawabnya santai.

Setelah rasa penasaran saya mereda, saya mulai berfikir ternyata dibalik hal sederhana (memanjangkan kuku) tersimpan makna dan alasan yang menurut saya cukup filosofis. Diawal saya sempat berfikir bahwa orang – orang yang memanjangkan kuku itu kurang kerjaan, namun setelah saya telusuri, tak benar seperti itu.

Dari memanjangkan kuku kita bisa belajar untuk bertanggung jawab. Bertanggung jawab merawat dan menjaga kuku itu agar tak merugikan diri sendiri dan orang lain. Namun saya tak merekomendasikan agar anda berkuku panjang. Silahkan anda yang menentukan.


Alasan dibalik kuku panjang... Alasan dibalik kuku panjang... Reviewed by katamahdi on May 20, 2015 Rating: 5

No comments:

Berkomentarlah dengan baik dan bijak

Powered by Blogger.