Nilai : lima kata yang penuh makna dan bencana



[caption id="" align="alignnone" width="3264"] balada mahasiswa[/caption]

apakah karna sebuah gelar dan toga atau karna memang sudah kewajiban kita sebagai seorang muslim untuk menuntut ilmu* dan mewakafkan ilmu kita untuk sebanyak – banyaknya manfaat bagi masyarakat ?

“mahasiswa ya ?” tanya orang kepadaku, “ya, betul, mahasiswa” jawabku singkat.


“kok mahasiswa gitu ya ?” ia bertanya lagi seolah – olah ingin tahu. “maksudnya kaya gitu gimana ya ?” tanyaku lagi yang dibuat bingung olehnya. “ya gitu deh....mayoritas tujuannya kuliah ya Cuma NILAI doang trus KHK (Kartu Hadir Kuliah) trus TOGA..” jawabnya ketus dengan emosi.


Ya itulah sepenggal dialog antara aku dan fikiranku yang mungkin sederhana dan bahkan tidak bermutu tapi sangat berkesan sekaligus menampar. Kalau boleh jujur (kalau boleh ya, kalau nggak ya udah....hehe) betul juga apa yang dituduhkan di dialog atas. Mayoritas mahasiswa (mungkin juga termasuk penulis – intropeksi diri) dibuat “gila” sama NILAI dan kawan – kawan (KHK, TOGA). Apa buktinya ?, buktinya kita pasti akan gelisah bukan main ketika NILAI dan KHK tak sesuai harapan. Namun jarang bahkan tak sekalipun kita gelisah ketika kita tidak/belum memahami apa yang disampaikan selama perkuliahan dan lebih parah lagi kita tak paham akan tujuan kita menuntut ilmu hingga berada di kasta tertinggi para siswa (mahasiswa), apakah karna sebuah gelar dan toga atau karna memang sudah kewajiban kita sebagai seorang muslim untuk menuntut ilmu dan mewakafkan ilmu kita untuk sebanyak – banyaknya manfaat bagi masyarakat ?.


Disisi lain, Nilai adalah lima kata yang penuh makna jika di maknai secara benar, ya. Secara benar. Bukan sebaga tujuan tapi hanya sebatas alat evaluasi kita. Sudah sejauh mana kita memahami kataknlah mata kuliah ini. Jadi rasanya keliru disaat kita merasa cemas ketika nilai yang kita dapat tak sesuai harapan (C atau D bahkan E, hehe) tapi kita tak merasa cemas sedikitpun ketika kita tak memahami ilmu yang kita pelajari.

Nilai : lima kata yang penuh makna dan bencana Nilai : lima kata yang penuh makna dan bencana Reviewed by katamahdi on April 16, 2015 Rating: 5

No comments:

Berkomentarlah dengan baik dan bijak

Powered by Blogger.