Obrolan Pemuda...

[caption id="" align="aligncenter" width="400"]Keutamaan-Pemuda-Dalam-Islam dikutip dari: www.ruangfana.blogspot.com[/caption]

Pontianak – Ahad, 22 Maret 2015, pukul 9 lewat 15 WIB malam. “berikan aku sepuluh pemuda maka kan kugoncangkan dunia” begitulah teriak founding father NKRI : Ir. Sukarno. Ya, memang benar itu pernyataan. Kini aku merasakannya. Merasakan daya dobraknya pemuda yang selalu meletup – letup ketika berbicara masa depan, agama dan bangsa.


Saya jadi penasaran bagaimana kedudukan pemuda di dalam Islam, akhirnya dengan lancar jari – jemari bergerak mencari di sudut – sudut Google (*preet, lebay, haha). Dan dapatlah kutipan artikel* ini :


Allah berfirman :
Mereka berkata: "Kami dengar ada seorang pemuda yang mencela berhala-berhala ini yang bernama Ibrahim ".
Maksudnya ibrahim melakukan hal ini ketika usianya masih muda remaja.


Dan Rasulullah SAW bersabda:
"Se­sungguhnya Allah Ta’ala benar-benar kagum ter­hadap seorang pemuda yang tidak memiliki shabwah." (HR Ahmad, Thabrani dalam al-Mu`jamul Kabir dan lainnya).


Kata shabwah yang dikaitkan dengan pemuda pada hadis di atas, dijelaskan dalam kitab Faidhul Qadir (2/263) sebagai pemuda yang tidak memperturutkan hawa nafsunya. Sebaliknya, dia membiasakan diri melakukan kebaikan dan berusaha keras menjauhi keburukan.


Ternyata begitu penting letak pemuda didalam Islam, Alhamdulillah. Oke lanjut lagi yang tadi....Baru saja aku didatangi dua orang pemuda yang “memaksa”-ku berdiskusi perihal dunia usaha (entrepreneur). Kurang lebih lima jam kami bertukar fikiran. Ya, saat-saat seperti inilah yang aku tunggu – tunggu. Segera aku “mengosongkan gelas” yang kupunya agar mampu menampung setiap hikmah dari dua pemuda ini.


Di akhir diskusi kami sepakat untuk bersama – sama berikthiar mencari dua suap nasi (maaf, sesuap udah mainstream, jadi diganti jadi dua suap, hehe). Berinvestasi bersama Allah SWT.



* Kiral Moerad: http://www.ruangfana.com/2013/05/keutamaan-pemuda-dalam-islam.html



Obrolan Pemuda... Obrolan Pemuda... Reviewed by katamahdi on March 22, 2015 Rating: 5

No comments:

Berkomentarlah dengan baik dan bijak

Powered by Blogger.